7 Cara Efektif agar Bisnis Start-up Diliput Media Nasional

7 Cara Efektif agar Bisnis Start-up Diliput Media Nasional

Usaha yang dapat dilakukan agar start-up diliput media nasional adalah dengan mengirim siaran pers, mengundang jurnalis dan membuat konten menarik.

Media merupakan sebuah alat yang dianggap efektif untuk menaikkan brand awareness masyarakat terhadap suatu produk. Saat ini, media menjadi salah satu strategi internet marketing para pebisnis khususnya start-up.

Melalui liputan media nasional, kamu dapat mengekspos sebuah bisnis dan mengenalkan produk atau layanan kepada orang-orang. Jika kamu tertarik mencobanya, berikut adalah beberapa cara startup diliput media.

1. Mengirim Siaran Pers ke Berbagai Platform

Siaran Pers

Pada saat awal merintis, sifat proaktif sangat dibutuhkan terutama jika kamu ingin start-up yang dijalankan mendapatkan eksposur. Mulailah dengan menulis siaran pers untuk dikirimkan ke beberapa platform online.

Tulisan dapat memuat beberapa hal, misalnya tentang launching bisnis, peluncuran produk baru, maupun prestasi yang berhasil diraih. Jangan lupa untuk mempelajari teknik Search Engine Optimization (SEO) agar tulisan tersebut mendapatkan lebih banyak pembaca.

2. Mencoba Terhubung dengan Jurnalis

Journals

Selain membuat tulisan sendiri, meminta seorang jurnalis media untuk meliput apa pun tentang bisnis start-up kamu adalah sebuah ide yang tidak kalah menarik. Mulailah dengan mencoba terhubung dengan beberapa jurnalis di media sosial mereka.

Tantangan yang mungkin akan dihadapi adalah bagaimana caranya mendapatkan kesediaan seorang jurnalis untuk memenuhi permintaanmu.

3. Melibatkan Start-up dalam Berbagai Acara Lokal

acara lokal startup

Saat menjumpai acara lokal yang akan diselenggarakan dengan melibatkan media, ambil ini sebagai sebuah kesempatan untuk memperkenalkan bisnismu. Salah satu contohnya adalah dengan mendaftar sebagai salah satu pembicara dalam sebuah seminar kewirausahaan.

Ingat! Acara yang memiliki tema entrepreneurship biasanya akan menarik lebih banyak peserta. Selain itu, lembaga daerah juga kerap menggelar event atau pameran kewirausahaan yang memfasilitasi para pebisnis untuk memperkenalkan produknya. Tidak perlu ragu untuk mendaftar sebagai salah satu peserta yang siap memperkenalkan merek yang kamu miliki.

4. Membuat Konten Menarik di Media Sosial

sosial media

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, mayoritas masyarakat adalah pengguna media sosial (medsos). Terdapat ribuan informasi di medsos yang bisa diakses oleh siapa saja. Bahkan, akun media yang sudah memiliki jutaan pengikut sering kali me-repost informasi dan konten menarik di akun mereka. 

Ini adalah sebuah kesempatan untuk memperkenalkan informasi mengenai merek dari bisnismu. Miliki akun medsos dan isi dengan konten yang dapat menarik lebih banyak pengikut. Selain itu, konten yang menarik memiliki kemungkinan lebih besar untuk di-repost media besar yang akan dilihat oleh jutaan pengikut mereka. 

5. Fokus Membangun Hubungan Baik

Hubungan Tim

Saat memulai bisnis dari nol, lebih banyak tantangan yang mungkin harus dihadapi dibandingkan dengan mengelola usaha keluarga. Namun, bukan berarti kamu tidak memiliki kesempatan untuk meraih sukses.

Strategi marketing memang penting, tetapi membangun hubungan baik adalah tahap penting yang harus dilakukan jika ingin start-up milikmu lebih dikenal.

Ya, mengundang seorang reporter akan jauh lebih mudah jika kamu sudah berhasil membangun hubungan baik dengannya. Sapa seseorang yang ingin kamu jadikan sebagai mitra kerja, dan buat dia terkesan dengan meninggalkan komentar positif terkait hasil pekerjaannya yang termuat di media.

6. Pastikan Pesan Dapat Tersampaikan dengan Tepat

Dalam hal ini, media hanyalah alat atau jembatan untuk menjangkau pasar. Demi memenuhi efektivitas dan efisiensi terkait informasi yang ingin disampaikan, kamu sendiri yang harus memastikannya.

Sebelum melakukan pendekatan ke media, identifikasi audience yang ingin kamu jangkau terlebih dahulu. Dengan mempelajari perilakunya, kamu dapat menentukan fokus terkait cara pemberitaan. Apakah melalui mesin penelusuran, medsos, atau tayangan?

7. Membagikan Postingan Berita ke Akun Media Sosial 

posting social media

Setelah berita berhasil dirilis, buat lebih banyak orang membaca artikel tersebut dengan membagikannya ke media sosial. Ini akan membuat merek bisnismu makin dikenal dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Jangan lupa untuk tetap menjaga hubungan baik dengan jurnalis yang menulis berita karena kamu mungkin akan membutuhkannya kembali saat meluncurkan produk baru.

Demikian beberapa cara yang patut dicoba agar bisnis startup milikmu diliput media. Liputan media akan memberikan banyak keuntungan bagi kemajuan bisnis.

Beberapa di antaranya adalah untuk meningkatkan reputasi merek, meningkatkan awareness masyarakat terhadap bisnismu, dan menarik investor juga mitra kerja sama. Setelah mengetahui manfaatnya, apakah kamu makin tertarik untuk mencoba?

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.

Tinggalkan komentar