5 Tips Membuat Blog untuk Memasarkan Bisnis Online

5 Tips Membuat Blog untuk Memasarkan Bisnis Online

Blog adalah singkatan dari web log, artinya sebuah website yang menampilkan catatan (log) dalam bentuk artikel. Kini blog bisa dijadikan salah satu strategi marketing bisnis online untuk memperbesar jangkauan pasar lewat sebuah tulisan. Bagi kamu yang ingin mencoba strategi pemasaran ini, ikuti saja beberapa tips membuat blog berikut ini:

1. Gunakan Cloud Hosting

Tips membuat blog yang pertamakamu harus menentukan jenis web hosting yang ingin digunakan. Web hosting adalah sebuah layanan yang memberikan penyimpanan dan juga keamanan agar bisa diakses oleh orang lain. Beberapa jenis web hosting adalah shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting.

Para pemula tentunya masih kebingungan dalam menentukan jenis web hosting yang harus digunakan. Namun, pemula disarankan untuk menggunakan cloud hosting. Pasalnya, pilihan ini memiliki traffic tinggi, bisa online 24 jam, dan memiliki keamanan tinggi.

Cloud hosting ini direkomendasikan untuk bisnis daringkarena website usahaharus mampu menampung banyak pengunjung, bisa diakses 24 jam, dan harus aman untuk menjaga data bisnis. Selain itu, dengan cloud hosting ini kamu bebas mengelola website sesuai kebutuhan kamu.

Untuk cloud hosting terbaik, kami rekomendasikan menggunakan produk dari niagahoster. Dapatkan diskon 70% melalui tautan cloud hosting niagahoster.

2. Buat Desain Blog yang Menarik

Desain Blog

Tips selanjutnya adalah kamu harus membuat desain blog semenarik mungkin. Usahakan menerapkan desain yang menggambarkan merek produk atau layanan yang kamu tawarkan. Selain itu, memiliki konsep desain yang bagus dan user-friendly juga dibutuhkan untuk menarik pelanggan berkunjung ke website.

Nah, cara membuat desain yang menarik adalah kamu harus membuat struktur sekaligus navigasi pada website, meliputi heading, isi konten, footer, dan tombol klik. Selain itu, penggunaan warna dan gambar juga akan memengaruhi keseluruhan desain. Gunakanlah konsep warna dan gambar sesuai dengan online shop yang kamu miliki.

3. Buat Rencana Konten

Rencana pembuatan konten

Hal utama yang perlu kamu persiapkan adalah konten. Membuat rencana konten ini nantinya akan membantu kamu menyusun jadwal persiapan konten untuk ke depannya. Kamu bisa melakukan research terlebih dahulu.

Cari tahu konten paling tepat untuk bisnis online yang kamu punya. Kalau kamu menjual alat tulis, kamu bisa menyiapkan artikel-artikel dengan pembahasan “stationery”, misal tips memilih alat tulis, cara menggunakan alat tulis, rekomendasi alat tulis, dan lainnya.

Intinya, pastikan untuk membuat konten sesuai dengan produk yang dijual. Selain itu, pikirkan juga informasi apa yang ingin diketahui oleh target konsumen bisnis kamu. Salah satu konten yang cukup digemari orang adalah cara menjalani usaha online.

Banyak orang yang ingin mengetahui perjuangan dibalik kesuksesan bisnis online. Dalam mempromosikan produk melalui blog, kamu juga harus memahami cara kerja SEO agar konten yang kamu buat bisa dibaca banyak orang dan pengunjung.

4. Pasarkan Produk dengan Teknik Soft Selling

Soft Selling

Soft selling adalah salah satu teknik pemasaran yang cukup efektif untuk diterapkan pada blog. Hal ini dikarenakan oleh sebagian besar konten merupakan artikel yang dipenuhi dengan tulisan. Jadi, secara tidak langsung, kamu bisa mengajak pembeli untuk membeli produk dengan menambahkan kalimat call to action di penutup artikel.

Contohnya adalah kamu menjual berbagai macam alat tulis. Kamu bisa menulis sebuah artikel tentang tips menggambar yang baik. Lalu, di akhir paragraf, kamu bisa menawarkan produk alat tulis yang kamu jual untuk menggambar. Dengan demikian, pembaca juga bisa merasa terbantu dengan adanya rekomendasi produk tersebut.

5. Gunakan Foto yang Legal

photo stock

Foto merupakan hal yang harus ada di setiap konten, terutama jika kamu sedang menawarkan sebuah produk. Sembari membaca artikelnya, pembaca tentunya ingin melihat foto produk yang ditawarkan, namun Ada hal penting yang perlu diingat, yaitu penggunaan foto legal.

Apa itu foto legal? Itu adalah foto yang sudah memiliki izin untuk disimpan dan digunakan. Sebagian besar foto yang tersebar di Google belum memiliki izin untuk digunakan. Sebagai pembuat konten, kamu jeli dalam pemilihan foto. Kalau tidak, kamu bisa-bisa tersandung kasus hak cipta.

Cara paling aman adalah kamu bisa menggunakan foto produk yang kamu tawarkan. Jadi, sesuaikan saja foto produk dengan konten dan artikel yang kamu buat. Jika kamu membutuhkan foto lain, kamu bisa menggunakan website yang menyediakan foto legal.

Itulah lima tips membuat blog yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan bisnis online. Ayo, buat konten produk yang kamu pasarakan semenarik mungkin.

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.

Tinggalkan komentar